Sunday, January 8, 2023

12 Cara Mengatasi Laptop Lemot dengan Mudah. tanpa Servis!

Berapa banyak aplikasi yang kamu sering buka setiap harinya? Kemungkinan inilah sumber kemacetan laptop. Sesuaikan penggunaan aplikasi seminimal mungkin. Tutup aplikasi yang sudah tidak digunakan dengan opsi exit atau close dibanding minimize. Ini akan membantu memberikan ruang lebih banyak di RAM dan mempercepat laptop. Sebelum mengunduh aplikasi khusus laptop lambat, kamu harus tahu spesifikasi laptop terlebih dahulu. Cara agar laptop tidak lemot ini berguna untuk menyesuaikan aplikasi dengan jenis dan RAM secara terperinci. Jika memaksakan mengunduh aplikasi yang salah, konsekuensinya bisa-bisa merusak mesin. Jadi, lebih teliti dalam melihat jenis laptop beserta spesifikasinya, ya! Cara mengatasi laptop lemot selanjutnya adalah dengan menambah kapasitas RAM. Sama seperti aplikasi di atas, kamu juga harus hati-hati dalam menambahkan isi RAM laptop. Sesuaikan dengan kebutuhan RAM, seperti RAM DDR3, RAM DDR3L, dan RAM DDR4. Kamu juga harus tahu jumlah maksimal kapasitas RAM laptop agar tidak keberatan. Laptop berusia di atas 3 tahun biasanya memiliki kinerja yang lebih lambat dari laptop baru.

Pastikan bahwa hardisk tidak low space sehingga kerjanya bisa tetap bagus. Untuk memastikan hardisk tidak bermasalah dikarenakan penyimpanan yang terlalu penuh maka perlu dipastikan untuk menghapus file yang tidak penting secara berkala. Penyebab berikutnya yang juga perlu diketahui adalah overhead pada hardware dan juga masalah virus yang ada pada laptop. Kedua masalah ini sudah sepatutnya bisa dicegah terlebih lagi pada laptop yang seharusnya bisa ditangani sejak dini. Hari ini memang terkait dengan perawatan laptop supaya tetap awet dengan memastikan bahwa laptop tidak terlalu panas ketika digunakan. Kondisi laptop yang hang dan tidak bergerak ini bisa didapati pada saat booting maupun ketika menggunakan laptop di tengah-tengah pekerjaan. Apabila laptop dalam kondisi hang saat booting maka cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah pertama silakan rest art laptop terlebih dahulu masuk ke mode BIOS pilih Advance bios features cari dan disable kan pada bios cache. Setelah itu silakan tekan F10 untuk menyimpan dan akhiri dengan menekan tombol enter. Apabila laptop masih tidak bergerak juga maka cara yang bisa dilakukan adalah dengan mematikan laptop dan melepas baterainya.

Salah satu alasan klasik kenapa perangkat laptop menjadi lemot adalah karena terkena virus atau malware. Layaknya manusia, laptop juga bisa terkena penyakit yang berakibat pada menurunnya performa laptop. Nah agar laptop tidak lemot karena serangan virus, Anda bisa pasang antivirus terbaik untuk menghilangkan segala macam virus. Dan pastikan untuk selalu mengeceknya secara rutin. Selain itu, selalu update antivirus itu agar berbagai macam virus dapat terbaca dengan antivirus yang sudah diinstal. Agar kinerja laptop semakin kencang, pilih antivirus yang ukurannya kecil/ringan. Sebelum membeli, pemilik laptop sudah harus tahu spesifikasi dari laptop tersebut. H al ini akan membantu pemilik untuk menilai apakah aplikasi yang ingin dimasukkan ke dalam laptop sudah sesuai dengan spesifikasinya atau tidak. Contohnya, kita menginstall game berat favorit padahal spesifikasi prosesor dan RAM tidak memadai. Apabila tetap memaksa memasang aplikasi itu di laptop, maka jangan heran suatu saat laptop akan menjadi lemot. Solusinya, jangan memaksakan kemampuan laptop. Pilihlah aplikasi alternatif atau yang spesifikasinya lebih rendah, sebagai salah satu cara membuat laptop tidak lemot.

Karena, sistem yang selalu up-to-date tidak hanya membuat laptop kalian lebih aman tapi juga membuat performa menjai lebih cepat. Salah satu penyebab kinerja komputer menjadi lemot biasanya karena komputer Anda mengandung virus atau malware. Serangan virus atau malware yang tidak disadari dapat memberatkan perangkat komputer yang Anda gunakan. Jenis virus dan malware juga sangat banyak jenisnya. Cara mengatasi komputer lemot akibat virus atau malware yang paling cep at dan praktis dengan menginstal program anti virus pada perangkat yang Anda miliki. Program anti virus yang tersedia sangat beragam, baik yang berbayar maupun yang gratis. Sebagai rekomendasi, Anda dapat menggunakan anti-virus dengan reputasi yang cukup bagus seperti Avast, Kaspersky, ESET NOD dan lainnya. Lebih disarankan bagi Anda untuk menggunakan program anti virus berbayar untuk hasil proteksi yang maksimal. File yang ada di folder temp merupakan hasil dari ekstrak aplikasi atau besar editing desain menggunakan aplikasi tertentu. Seringkali pengguna laptop lupa jika di dalam laptop yang ia gunakan ada file ini. File temp ini biasanya akan tersimpan otomatis, dan jika tidak rutin dihapus bisa menumpuk dan menyebabkan memori pada laptop berkurang.

Singkatnya, pengertian brainware adalah manusia yang memiliki keterampilan dan keahlian untuk mengoperasikan dan mengelola kinerja perangkat lunak dan perangkat keras. Brainware juga sering disebut sebagai alat intelektual yang d igunakan untuk menemukan kemampuan perangkat keras dan perangkat lunak komputer. Selain dapat menjalankan dan menggunakan perangkat komputer, user juga memiliki banyak fungsi lainnya. Berikut adalah beberapa fungsi brainware yang harus Anda ketahui. Seperti dibahas di atas, salah satu tugas utama user adalah merancang cara kerja perangkat. Tugas programmer adalah membuat dan merancang program yang dibutuhkan oleh perusahaan dalam sistem komputer yang menggunakan baik hardware maupun software komputer. Selain itu, pengembang juga bertanggung jawab untuk memastikan keamanan dan kelancaran seluruh sistem dalam program. Fungsi lain dari user adalah sebagai operator komputer. Operator komputer adalah orang yang bertanggung jawab untuk menjalankan sistem dan program komputer. Selain itu, operator juga memiliki tugas untuk memelihara dan memastikan pengoperasian semua peralatan komputer dengan baik dan lancar. Administrator bertanggung jawab untuk mengelola struktur sistem dalam program at au jaringan komputer.

No comments:

Post a Comment